Metodologi Penilaian Website Menggunakan Webqual

Postingan kali ini saya akan membahas tentang metodologi penilaian suatu website. Kali ini saya hanya akan membahas satu metodologi saja yaitu menggunakan Webqual. Webqual adalah salah satu dari banyak metode pengukuran kualitas website yang bisa digunakan saat ini. Webqual melakukan teknik pengukuran berdasarkan persepsi pengguna akhir. Webqual ini merupakan metode yang telah dikembangkan dari Servqual yang disusun oleh Parasuraman. Servqual banyak digunakan sebelumnya pada pengukuran kualitas jasa. Instrumen penelitian pada Webqual tersebut dikembangkan  dengan metode Quality Function Development (QFD).

Webqual ini biasanya digunakan untuk menganalisis beberapa website, seperti :

Website Internal

  • Career Centre
  • Staffsite
  • Studentsite
  • Central Library
  • dll

Website Eksternal

  • Maskapai
  • e-Banking
  • dll

Metode Penilaian

Webqual juga sudah mulai dikembangkan sejak tahun 1998 dan telah mengalami beberapa iterasi dalam penyusunan dimensi dan butir-butir pertanyaannya. Webqual 4.0 tersebut disusun berdasarkan penelitian pada tiga area yaitu :

Information Quality (Kualitas Informasi)

jadi pada area ini yang dilihat adalah mutu dari isi yang terdapat pada site, pantas tidaknya informasi untuk tujuan pengguna seperti akurasi, format dan keterkaitannya.

Indikator

Tabel KI

Service Interaction Quality

area ini meninjau mutu dari interaksi pelayanan yang dialami oleh pengguna ketika mereka menyelidiki kedalam site lebih dalam, yang terwujud dengan kepercayaan dan empati, sebagai contoh isu dari keamanan transaksi dan informasi, pengantaran produk, personalisasi dan komunikasi dengan pemilik site.

Indikator

KJ

Usability (Kemudahan Penggunaan)

sedangkan pada area ini yang ditinjau adalah mutu yang berhubungan dengan rancangan site, sebagai contoh penampilan, kemudahan penggunaan, navigasi dan gambaran yang disampaikan kepada pengguna.

Indikator

Tabel KU

Sumber :

Iklan

2 pemikiran pada “Metodologi Penilaian Website Menggunakan Webqual

    • ada banyak, beberapa yang saya tau lipperhey.com, cekseowebsite dan lain-lain bisa googling. Sayabelum pernah menggunakan webqual, jadi saya tidak tahu kelebihan dan kekurangannya , saya hanya menjelaskan metodologi yang digunakan webqual:) terima kasih sudah berkunjung.

      Suka

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s